KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MTs AL ITTIHADIYAH PANGKALAN MASYHUR MEDAN

Zulkifli Tanjung, Ismail Ahmad Siregar, Tarmiji Siregar, Henni Damayanti Tambunan

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui, yaitu:  (1) Komunikasi guru dengan siswa dalam pelaksanaan pelaksaan program pembelajaran di kelas. (2) komunikasi siswa dengan guru dalam pelaksanaan program  pembelajaran di kelas, (3) komunikasi siswa dengan siswa dalam pelaksanaan program pembeajaran di kelas. Penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi berkenaan dengan data komunikasi dalam pelaksanaan program pembelajaran di MTs Al Ittihadiyah Pangkalan Masyhur Medan. Untuk menganalisis data digunakan proses reduksi data, peaparan data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk memastikan kebenaran data dan analisis, maka digunakan teknik triangulasi antar metode wawancara, observasi dengan dokumentasi, dan triangulasi antar informan.

Ada tiga semuan penelitian ini: Pertama, Komunikasi guru dengan siswa dalam pelaksanaan program pembelajaran  menunjukkan bahwa dalam peran sebagai pendidik dan pengajar sangat aktif, terbuka, dan persuasive. Kedua, Pelaksanaan komunikasi siswa dengan guru pada umumnya bersifat pasif, karena dalam pembukaan pembelajaran, siswa hanya menjawab apa yang dikomunikasikan guru sebagai kebiasaan dalam pengalaman belajarnya sebagaimana menjawab pertanyaan guru, dan memang ditentukan model, strategi dan metode mengajar. Ketiga, komunikasi siswa dengan siswa dalam pelaksanaan program pembelajaran dilaksanakan secara  formal pada saat guru mengajar dengan menggunakan metode ceramah yang diselingi penggunaan tanya jawab, metode Tanya jawab, yang diatur oleh guru, atau metode diskusi.

Kata Kunci: Komunikasi, Guru, dan Pembelajaran

Full Text:

PDF PDF

References


Achua, Christoper F and Robert N. Lussier.(2010). Effective Leadership. New Jersey; South Western Cengange Learning.

Al-Syalhub, Fuad bin Abdul Aziz.(2005). Panduan Praktis Bagi Para Pendidik: Quantum Teaching, Terjemahan, Jakarta: Zikrul.

Asyhar, Rayandra.(2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada.

Cangara, Hafied.(2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Raja Grafindi Persada.

Departemen Agama RI.(1988). Alqur’an dan Terjemahnya . Semarang: Asy-Syifa.

Davis, Ivor K.(1999). Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Cangara, Hafied.(2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Raja Grafindi Persada.

Gagne, Robert M.(1988). Prinsip- Prinsip Belajar Untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Offset Printing.

Jones, Jeff, Mazda Jenkin and Sue Lord.(2006). Developing Effective Teacher Performance, London: Paul Chapman Publishing.

Moore, Kenneth D. (2005). Effective Instructional Strategies. London: Sage Publications.

Muqowwim.(2012). Pengembangan Soft Skills Guru, Yogyakarta: Pedagogia.

Stronge, James H, Pamela D. Tucker, and Jennifer L. Hindman. (2005). Handbook Qualities of Effective Teachers, Virginia: ASCD.

Syafaruddin, dkk. (2016). Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Syafaruddin dan Asrul. (2013).Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer, Bandung: Citapustaka Media.

Syafaruddin. (2015). Manajemen Organisasi Pendidikan . Medan: Perdana Publishing.

Tilaar, HAR. (2010). Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis, Jakarta: Rinekacipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.