PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING VIII MTS MADINATUSSALAM SEI ROTAN

Hairullah Hairullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang diajar dengan pembelajaran Problem Solving di kelas VIII.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Madinatussalam Sei Rotan.

Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Kemampuan berfikir kreatif dan  kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran Problem Solving pada materi lingkaran; 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran Problem Solving pada materi lingkaran; 3) Kemapuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran Problem Solving pada materi lingkaran; 4) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa lebih sesuai diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD daripada pembelajaran Problem Solving   

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masala Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pembelajaran Problem Solving

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ismunamto. A. 2011. Ensiklopedia Matematika 1. Jakarta: Lentera Abadi

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing

Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Standar Isi

Solso, Robert L 2008. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Munandar, Utami. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati.2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Grup

Hassoubah, Zaleha Izhab. 2007. Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuansa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing:

 

Dikelola Oleh Pengelola Jurnal Ittihad @2017