PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI TEKNIK KOLASE DI RAUDHATUL ATHFAL PUTI BUNGSU TALUK

Winda Maladewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus di RA Puti Bungsu Taluk. Karena permasalahan yang menunjukan bahwa kemampuan motorik halus anak di RA Puti Bungsu Taluk masih rendah. Strategi pembelajaran yang kurang bervariasi dan pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan motorik halus kurang sempurna. Hal ini disebabkan pembelajaran kurang memberikan kesempatan pada anak untuk berekspresi hanya mengikuti pembelajaran yang disampaikan guru. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa Puti Bungsu Taluk. Hasil penelitian ini setelah melakukan tindakan adanya perubahan kearah yang lebih baik. Terlihat dalam setiap siklusnya dalam tahapan pembelajaran penerapan teknik kolase dengan kegiatan menempel potongan kertas dan biji-bijian pada gambar. Hasil pengamatan dari penilaian rata-rata tes kemampuan motorik halus secara keseluruhan anak dikelas pada observasi prasiklus 30%, ada peningkatan pada siklus I menjadi 60% sedangkan pada siklus II menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui teknik kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini di RA Puti Bungsu Taluk.

Kata Kunci: Motorik halus anak, Teknik kolase.


Full Text:

PDF

References


Arikunoto, 2006, Perencanaan Pembelajaran, (Surakarta: Citra Pustaka).

Asmawati Luluk, dkk (2011). Pengelolaan kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini.Jakarta: Universitas Terbuka.

Adiningsih, V. E. (2019). Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Merobek Kertas Pada Anak Usia 4-5 Tahun Tk Negeri 2 Samarinda. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 75-88.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik, Indonesia No. 58. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta.

Hidayani, Rini, dkk (2008). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Masitoh, dkk (2005). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Montolalu, B, E. F (2007) Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Montolalu, dkk. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta. Universitas Terbuka.

Mulyasa (2008). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Remaja. Rosda karya.

Musfiroh Tadkiroatun (2011). Pengembangan Kecerdasan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Nurjani, Y. Y. (2019). Upaya Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 85-92.

Pamadhi, Hajar, dkk. (2011). Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka.

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media. Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 4(1), 91-100.

Sanjaya, Wina (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta kencana.

Setiawan, Denny (2011). Panduan pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Siti, aisyah. (2007). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.

Sujiono, Bambang, dkk. (2009). Metode Perkembangan Fisik. Universitas Terbuka.

Sujono, Yuliani Nurani (2006). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

UUD, RI. (2003). Undang- Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung; Citra Umbara.

Wardani, IGAK (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.