MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA SISWA DI RAUDATUL ATHFAL DARUSSALAM KOTA MATARAM

Melin Suriyati

Abstract


Penelitian tindakan kelas tentang Penerapan Pembelajaran langsung dapat Meningkatkan  Kemampuan  Kognitif dalam  Mengenal  Bentuk  Geometri di  Kelompok  A Raudhatul  Athfal  Darussalam Kota Mataram telah  dilaksanakan  dalam dua  siklus kegiatan, menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran dengan media alam sekitar berhasil meningkatkan kemampuan bentuk geometri anak di Kelompok A Raudhatul Athfal Darussalam Kota Mataram, persentase kemampuan belajar bentuk geometri anak sebesar 21,4%, setelah diberi tindakan pada siklus I dengan menggunakan media  yang disesuaikan dengan tema, kemampuan belajar dalam mengenal bentuk geometri anak meningkat menjadi 52%. Peneliti kemudian memberikan tindakan pada siklus II dengan lembar kerja yang disesuaikan dengan tema pembelajaran, kemampuanya meningkat menjadi 87,8%. Hasil penelitiaan dinyatakan berhasil karena sudah melebihi target penelit ian sebesar 87,8%.

Kata Kunci: Kognitif, Geometri, Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Beeflestone, Florence. 2011. Strategi Pembelajaran Untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa. Bandung: Nusa Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Permendiknas no 58. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dra. Anita Yus, M.Pd. 2005. Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Deperteman Pendidikan Nasional.

Mufiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nurani, Y, Sujiono dkk. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka. Sudono, Anggani. 2006. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.

Suharsimi, Arikunto. 2004. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yuliana, dkk. 2013. Artikel (Online) Peningkatan Bentuk Geometri melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia Dini. Http//jurnal untan.ac.id/index.php/jpdpb.article/view/4086.02 Desember 2013. Diakses tanggal 02 November 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING:


     



Jurnal Ittihad Dikelola Oleh Pengelola e-Jurnal Al-Ittihadiyah Wilayah Sumut