MINAT BELAJAR MENGENAL HURUF ABJAD SISWA DENGAN METODE BERNYANYI

Henni Sumita Hutabarat

Abstract


Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair-syair yang dilagukan. Biasanya syair-syair tersebut disesuaikan dengan materi-materi yang akan diajarkan oleh pendidik. Peneliti menggunakan jenis deskriptif kualitatif kepustakaan (library research), yaitu mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan obyek Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis library research. Penelitian jenis library research ini merupakan serangkaian aktivitas yang berkenaan mengumpulkan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitiannya.

Kata Kunci: Minar Belajar, Huruf Abjad, Metode Bernyanyi

Full Text:

PDF

References


Anida. (2005). Peningkatan Keterampilan emosional AUD Melalui Permainan Peran Mikro pada PAUD Mawar Kampung Ladang Nagari Kurai Taji Kec. Nan Sabaris Kab. Agam. Padang: FIP UNP.

Goleman, Daniel. 2009. Emotional Intelligenc. Jakarta: PT SUN.

Juliandari. (2015). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Boneka Jari, untuk meningkatkan Kemampuan Menyimak pada anak. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesa, (Vol. 3 no, 1 Tahun 2015).

Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Magelang, Kencana.

Mendipnas. 2009. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang SISDKINAS dan Peraturan Pemerintahan RI No. 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar. Jakarta: Citra Umbara. Mubayidh, Makmun. 2007. Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak. Jakarta: Pustaka Al- Kautsar.

Nurbiana. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Melalui Media Boneka Jari. E-Journal PG-PAUD Universitas Negeri Yogyakarta.

Yusuf, Syamsu. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.