MENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI STORY READING DI RAUDHATUL ATHFAL ROUDHOTUL QURRO
Abstract
Kemampuan anak dalam kecerdasan emosional di Raudhatul Athfal Panginang Parambahan Kecamatan Lamposi Tigo Nagori Kota Payakumbuh masih rendah dan di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu melalui kegiatan story reading. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak sehingga anak mampu mengendalikan dan mengekspresikan emosinya dengan baik.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian anak kelompok B4 sebanyak 13 orang yaitu laki-laki sebanyak 7 orang dan perempuan sebanyak 6 orang. Penelitian ini dilaksanakan di Raudhatul Athfal Panginang Parambahan Kecamatan Lamposi Tigo Nagori Kota Payakumbuh pada tahun ajaran 2021/2022, yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan media story reading sebagai objek penelitiannya. Instrumentasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pelaksanaan  siklus  I  tingkat pencapaian kecerdasan emosional anak masih rendah dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, sehingga penelitian perlu dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kecerdasan emosional anak yang ditunjukkan dengan 5 aspek yaitu: Sabar menunggu giliran, mengendalikan emosi dengan cara yang wajar, senang ketika mendapatkan sesuatu, antusias ketika melakukan kegiatan yang diinginkan, dapat bekerja sama dengan teman.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional Anak, Story Reading.Full Text:
PDFReferences
Anida. 2005. Peningkatan Keterampilan emosional AUD Melalui Permainan Peran Mikro pada PAUD Mawar Kampung Ladang Nagari Kurai Taji Kec. Nan Sabaris Kab. Agam. Padang: FIP UNP.
Bachri, Bachtiar. 2005. Penmgembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Goleman, Daniel. 2009. Emotional Intelligenc. Jakarta: PT SUN.
Mendipnas. 2009. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang SISDKINAS dan Peraturan Pemerintahan RI No. 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar. Jakarta: Citra Umbara. Mubayidh, Makmun. 2007. Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak. Jakarta: Pustaka Al- Kautsar
Supriadi, Eddy. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: LPGTK Tadika Puri.
Yusuf, Syamsu. 2010. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.