KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONAL GURU PAI DI SMAN 1 SERBAJADI SERDANG BEDAGAI

Khairuddin Khairuddin, Suwandi Suwandi, M. Walimsyah Sitorus, Suriaty Suriaty

Abstract


Penelitian ini berusaha mengungkapkan kepemimpinan kepala sekolah dalam peningktn kualitas kinerja guru PAI. Dengan begitu, penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah  dan guru  PAI SMAN 1 Serbajadi  dalam peningkatan profesional guru  PAI. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observai, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Peran utama kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan adalah menciptakan situasi belajar mengajar sehingga guru  PAI dapat mengajar dan murid-murid dapat belajar dengan baik. Dalam melaksanakan peran tersebut, kepala sekolah memiliki tanggung jawab ganda yaitu melaksanakn administrasi sekolah sehingga tercipta situasi belajar mengajar yang baik, dan melaksanakan supervisi sehingga guru  PAI bertambah dalam menjalankan tugas-tugas pengajaran dan dalam membimbing pertumbuhan murid-murid.Kepala sekolah yang mampu menjalankan fungsi sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator dengan baik dapat dikatakan kepala sekolah memiliki kemampuan memimpin yang baik. Guru  PAI adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Profesionalisasi guru  PAI mengandung arti peningkatan segala daya dan usaha dalam rangka pencapaian secara optimal layanan yang diberikan kepada masyarakat. (2) Dalam peningkatan kompetensi guru  PAI, perlu dilakukan suatu sistem pengujian terhadap kompetensi guru  PAI. Sejalan dengan kebijakan otonomi daerah, beberapa daerah telah melakukan uji kompetensi guru  PAI, mereka melakukannya terutama untuk mengetahui kemampuan guru  PAI di daerahnya, untuk kenaikan pangkat dan jabatan, serta untuk mengangkat kepala sekolah dan wakil kepala sekolah.

Kata Kunci:  Kepemimpinan, Profesional, dan Guru  PAI.

Full Text:

PDF

References


Anomius. (2007). Pedoman Penulisan Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bungin, Burhan. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Perkembangan Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pratama

Cece Rahmat& Dedi Suherdi. 2001. Evaluasi Pengajaran. Bandung: Maulana

Hamalik, Oemar. (2006). Pendidikan Guru PAI Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

. (2003). Perancanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

H. Sulistriyo, Ign.Wagimin & Hery Sawiji.(2003). Pengantar Manajemen. Universitas Sebelas Maret.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru PAI Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru PAI. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, M. Ngalim. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

(2002). Profesionalisme Guru. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa

Rivai, Vethzal. (2004). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sahertian, Piet A. (1994). Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.

Samana,A. (1994). Profesionalisme Guru. Yogyakarta: Kanisius

Siagian, Sondang.P. (1979). Sistem Informasi Untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: Jaya Agung.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.