STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMA AL-HIDAYAH MEDAN

Muhammad Yusuf Siregar, Mursal Aziz, Rosita br. Baho, Nurdalila Armita Sagala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Al-Hidayah Medan Tembung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik, yaitu pendekatan yang dilakukan secara alamiah untuk mencari, menganalisis dan menginterpretasi data yang ditemukan melalui wawancara. Sehingga penulis akan terjun langsung ke lapangan untuk mendapat data berupa fenomena, persepsi seseorang, peristiwa, dan aktivitas sosial dengan cara wawancara. Kemudian penelitian ini menggunakan triagulasi dengan langkah-langkah: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sangat efektif, hal itu terlihat pada peran yang sangat penting selaku kepala sekolah, yaitu sebagai pemimpin, administrator dan supervisor. Oleh karena itu, strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik di Sekolah Al-Hidayah Medan Tembung, dapat dilihat dari (a). Mengkordinasikan kegiatan yang bisa meningkatkan kualitas kinerja guru. (b). Mengelompokkan atau menandai masalah yang terjadi dengan cara yang melakukan pengawasan secara langsung terkait kegiatan para pendidik di sekolah seperti kepala sekolah melakukan pemantauan. (c). Kepala sekolah memberikan penghargaan dan sanksi sesuai dengan yang dibuat oleh para pendidik. (d). Melakukan rapat antar pendidik mata pelajaran dengan musyawarah antar pendidik mata pelajaran merupakan bentuk usaha agar mengetahui kesulitan-kesulitan yang selama ini dihadapi oleh  guru disetiap mata pelajaran. (e). Kepala sekolah juga memberikan contoh dan mengingatkan kepada seluruh komponen sekolah untuk menjaga kedisiplinan dalam hal pembelajaran.  (f). Membuat dan melaksanakan evaluasi terhadap masalah yang berkaitan dengan kinerja pendidik. (g). Kepala sekolah berusaha mengupayakan kesejahteraan untuk seluruh komponen sekolah di Sekolah Al-Hidayah Medan Tembung. (h). Kepala sekolah juga menciptakan kenyamanan dalam lingkungan kerja dengan menjalin hubungan silaturrahmi, hubungan baik sebagai bentuk persahabatan antar sesama komponen di lingkungan sekolah.

Kata Kunci:  Kepala sekolah, Kepemimpinan, Kinerja.

Full Text:

PDF

References


Margono, S.(1997). Metodologi Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Morphet, Theodore L. Dkk.( 1982). Educational Organization Administration, New Jersey: Prestice Hall Cliffs, Inc.

Mulyasa, E.( 2012).Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Robbins, Stephen P.(1984). Essentials of Organizational Behavior, New Jersey: Prestice Hall.

Syafaruddin.(2019). Kepemimpinan Pendidikan Akuntabilitas Pimpinan Pendidikan pada Era Otonomi Daerah, Depok: Rajawali Pers.

Syafaruddin dan Asrul,(2013). Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer, Jakarta: CitaPustaka Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING:


     



Jurnal Ittihad Dikelola Oleh Pengelola e-Jurnal Al-Ittihadiyah Wilayah Sumut