PENGARUH BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK YATIM PIATU

Vina Andini, Khairul Amin, Lutfi Diyah Azzahra, Marisa Harti, Sri Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kegiatan bimbingan untuk anak yatim piatu, 2) Pelaksanaan bimbingan konseling pendidikan Islam untuk meningkatkan rasa percaya diri anak yatim piatu, 3) Hasil pelaksanaan bimbingan konseling pendidikan Islam untuk meningkatkan rasa percaya diri anak yatim piatu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Metode ini dilakukan dengan mengumpulkan dan membandingkan dua penelitian yang telah dilakukan sebelumnya serta mengambil segala referensi yang mendukung untuk kebutuhan penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bimbingan konseling pendidikan Islam dalam meningkatkan rasa percaya diri anak yatim piatu dapat dilakukan melalui diskusi, menulis dan berbicara di depan umum.

Kata Kunci: Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Percaya Diri, Anak Yatim Piatu

Full Text:

PDF

References


Creswell. 2014. Qualitatif Inquiry and Research Design. California: Sage Publication.

Hallen. 2005. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching.

Ismail, Qursyairi. 1424. Bingkisan dari Surga Untuk Menyantun Anak Yatim. Pasuruhan: Sidogri.

Nasution, S. 2000. Didatrik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. (2005). Materi rencana pembelajaran dan pelatihan inisiator KPS. Jakarta: Direktorat Kepemudaan, Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING:


     



Jurnal Ittihad Dikelola Oleh Pengelola e-Jurnal Al-Ittihadiyah Wilayah Sumut