SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM

Ria Sartika, Torkis Dalimunthe, Nazlina Rahmi Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) cara kerja kepala madrasah dalam melakukan supervisi, (2) peran kepala madrasah sebagai supervisor, (3)  upaya kepala madrasah dalam pengembangan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik  pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis dengan cara reduksi  data dan pemaparan data, penarikan kesimpulan. Kemudian teknik penjaminan keabsahan ata dngan tringulasi (pemerikaan silang) antar metode, antara wawancara dengan  observasi dan dokumentasi maupun triangulasi data dari berbagai informan.  Ada tiga kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: Temuan pertama, yaitu bahwa kepala madrasah mempunyai kemampuan dalam membangun relasi, dan mampu memberi solusi tepat yang timbul dari pemikiranya. Kepala madrasah juga mempunyai peran yang penting dalam organisasi sekolah, apa yang dikerjakanya akan sangat berpengaruh terhadap jalannya proses pendidikan di sekolah, sehingga secara ideal kinerja kepala madrasah harus dapat menciptakan situasi organisasi pendidikan madrasah yang efektif.  Kedua: kepala madrasah sebagai supervisor memiliki tanggung jawab, memberikan pembinaan dan bantuan terhadap guru melakukan supervisi pembelajaran. Teknik yang dilakukan dalam supervisi kepala madrasah melalui kunjungan kelas; observasi kelas; mengadakan pertemuan (rapat). Ketiga: menunjukkan bahwa bentuk supervisi kepala madrasah di Pondok Pesantren Darussalam adalah beliau menggunakan supervisi akademik, yang dilakukan untuk memantau, mengetahui guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.

Kata Kunci: Supervisor Kepala Sekolah, dan Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Asmani,Jamal,Ma’mur. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Pres. 2012.

Baharuddin Dan Umiarso. Kepemimpinan Pendidikan Islam Antara Teori Dan Praktek. Ar Ruzz. Media, 2012.

Daryanto. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Erdianti. Jurnal Al-Ta’dib. Strategi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Mengembangkan Kompetensi Propesional Guru. Jurusan Tarbiyah Stain Sultab Qaimuddin Kendari. Vol. 7. No.1 Januari-Juni.2014.

Fathurrohman., Pupuh, Supervisi Pendidikan Dalam Mengembangkan Proses Pengajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.2015.

Helmawati. Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah Melalui Manajerial Skill. Jakarta: Rineka Cipta. 2014.

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Herabudin. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Cv Pustaka Setia, 2009.

Gunawan, H, A. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2011.

Maralih. urnal Qathrunâ. Peranan Supervisi Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Vol. 1. No.1 Priode Januari-Juni. 2014.

Mubarak, Zakky. 2010. Tanggung Jawab Seorang Pemimpin. Jakarta: Amzah, 2010.

Nasution, Inom. Profesi Kependidikan. Depok: Prenada Media Group. 2017.

Narbuko, Cholid & Achmadi, Abu, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.

Priansa, Juni Donni. KInerja Dan Professionalisme Guru. Bandung: Alfabeta. 2014.

Saiful Sagala. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi. Bandung: Alfabeta, 2012.

Siahaan, Amiruddin Dkk. Administrasi Satuan Pendidikan: Pendekatan Sistematik Dalam Pengelolaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efektivitas Pencapaian Tujuan Pada Satuan Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2013.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Alqur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Sunarto,Achmad, Dkk. Terjemah Shahih Bukhari, Jilid 1. Semarang: Cv. Asy Syifa, 1991.

Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:ALFABETA, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta, 2011.

Susanto,Ahmad. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenada Media, 2016.

Syafaruddin & Asrul. Manajemen Kepengawasan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media. 2014.

Syafaruddin, dkk. Inovasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2012.

Yusuf, Rusli. Landasan Pendidikan. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press. 2009.

Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2017.

Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Cet, IV . Bandung: CV. Alfabeta, 2013.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta, 2001.

Suryadi. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta, Sarana Panca Karya Nusa.2009.

Taufiq, Muhammad Ali, Praktik Manajemen Al Qur’an, Jakarta: Gema Insani, 2004.

Wahab, Abdul Aziz, Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.

Yukl, Gary, Kepemimpinan dalam Organisasi, Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia, 20055). Manajemen Organisasi Pendidikan . Medan: Perdana Publishing.

Tilaar, HAR. (2010). Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis, Jakarta: Rinekacipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING:


     



Jurnal Ittihad Dikelola Oleh Pengelola e-Jurnal Al-Ittihadiyah Wilayah Sumut