KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SDN 135564 KOTA TANJUNGBALAI

Syafaruddin Syafaruddin, M. Rafiquddin Nasution, Sahlan Sahlan, Riska Rahmadani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengambilan keputusan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru (2) komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru (3) Untuk mengetahui ketelandanan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, maka digunakan tringulasi (pemeriksaan silang data), baik data wawancara dengan observasi, dan maupun data dokemtasi. Temuan pertama menunjukkan bahwa kepemimpinan yang berjalan di SDN 135564 adalah kepemimpinan yang demokratis, di mana pemimpin dalam melaksanakan program-programnya selalu bermusyawarah atau meminta pendapat dari bawahannya. Gaya pemimpin demokratis dalam mengambil keputusan sangat mementingkan musyawarah. Temuan kedua yaitu proses berkomunikasi untuk menyusun program pembelajaran, rogram organisasi personalia, mengoptimalkan sumber daya sekolah, serta mendorong guru dan karyawan untuk ikut aktif dalam berbagai kegiatan, yaitu melaksanakan fungsi yang diterapkan dalam kegiatan sekolah antara lain membuat rencana atau program tahunan dan menyusun organisasi sekolahâ€. Temuan ketiga, menunjukkan bahwa keteladanan yang diberikan kepala sekolah yang begitu gigih dan tanggungjawabnya sehingga para guru meladani kepala sekolah sehingga guru-guru telah melaksanakan proses pembelajaran dengan semestinya. Keteladanan kepala sekolah juga sangat membantu para guru disiplin menjalankan tugas sebagai pendidik.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru


Full Text:

PDF

References


Brill, Fred Stephen, Leading and Learning, New York: Stenhouse, 2008.

Danim, Sudarwan, Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.

Depdiknas RI. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Media Wacana, 2003.

Hoerr, Thomas R, The Art of Leadership, (Virginia: ASCd, 2005),

Johson, Jr, Bob L and Sharon D. Kruse, Decision Making for Educational Leaders. USA: State University of New York Press, 2009.

Nasution, S. Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito, 1996

Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah Teori, Model, dan Aplikasi Jakarta, PT Grasindo: 2003.

Purwanto, M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Cet.XV Jakarta: Mutiara, 2005.

Syafaruddin dan Asrul, Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer, Bandung: Citapustaka Media, 2015

Syafaruddin, Kepemimpinan Pendidikan, Depok: Rajawali Press, 2019.

Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2017.

Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Cet, IV . Bandung: CV. Alfabeta, 2013.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta, 2001.

Suryadi. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta, Sarana Panca Karya Nusa.2009.

Taufiq, Muhammad Ali, Praktik Manajemen Al Qur’an, Jakarta: Gema Insani, 2004.

Wahab, Abdul Aziz, Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.

Yukl, Gary, Kepemimpinan dalam Organisasi, Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia, 20055). Manajemen Organisasi Pendidikan . Medan: Perdana Publishing.

Tilaar, HAR. (2010). Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis, Jakarta: Rinekacipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.